Latest Updates

Tips mendesain dapur rumah minimalis yang sempit

Kalau ingin jadi juru masak handal, rajin-rajinlah berkutat di dapur. Sekarang dapur bukan hanya monopoli kaum wanita, karena tak jarang para pria justru banyak yang menjadi koki profesional bahkan lebih jago memasak dibanding wanita. Tak jarang pula pasangan suami istri meluangkan waktu memasak bersama di dapur untuk menyiapkan sajian spesial untuk keluarga. Kebersamaan mereka di dapur tentu harus didukung dengan kondisi dapur yang terawat karena hal tersebut mempengaruhi kenyamanan sewaktu beraktifitas di dapur. Masalah yang sering muncul adalah dapur yang cenderung sempit membuat orang ogah-ogahan melakukan aktifitas didalamnya. Untuk itu dibutuhkan tips mendesain dapur rumah minimalis yang sempit supaya tampilan dapur lebih sempurna, dengan begitu memasak jadi lebih enjoy.
Model Desain Dapur Simple Pada Rumah Sederhana
Pengaruh signifikan Penataan Ruang
Seperti halnya ruangan-ruangan penting dalam rumah, desain dapur rumah butuh penataan yang tepat terutama untuk interiornya. Desain yang tepat baik dari kombinasi warna hingga penempatan furnitur menjadi sangat vital untuk mendapatkan dapur yang nyaman, bersih, rapi, dan terkesan luas lebih luas meskipun ukurannya sempit.
Khusus untuk pemilihan warna dapur ada baiknya disesuaikan dengan mood. Pilihlah warna yang mampu membangkitkan mood memasak seperti putih, merah, abu-abu atau perpaduan ketiganya hingga dapur terkesan ceria. Karena dapur ukurannya sempit, pilihlah kitchen set yang tidak terlalu besar supaya tidak makan tempat. Gunakan insting untuk penataan perabot seperti kulkas, microwave, kompos gas, dan peralatan memasak lainnya pada tempat yang paling tepat. Tambahkan meja kursi diruang yang sama untuk tempat makan, dengan catatan ruangan cukup luas atau paling tidak masih ada sedikit space ruang.
Dibutuhkannya tips mendesain dapur rumah minimalis yang sempit sekaligus bisa dijadikan ajang kreatifitas untuk menuangkan ide-ide dalam mendesain dapur agar nampak bersih dan menarik. Selain pentingnya permainan warna, perawatan perabot dapur terutama kitchen set perlu dilakukan secara rutin. Kitchen set tergolong perabot dapur yang mahal sehingga perlu perawatan khusus supaya tetap awet dan tahan lama.
Faktor kebersihan juga harus mendapat perhatian khusus. Jika selesai memasak simpan semua bahan masakan ditempat semula. Perhatikan juga tumpahan atau cipratan minyak dilantai, segera bersihkan karena jika dibiarkan bisa membuat dinding dan lantai dapur berubah warna. Sampah dapur harus dibuang sehari sekali supaya tidak menjadi sumber bakteri penyebab penyakit. Pastikan tempat mencuci piring bersih dari sisa-sisa makanan sehabis digunakan agar saluran air tidak macet.
Tips mendesain dapur rumah minimalis yang sempit ini juga berakitan dengan masalah sirkulasi udara di dapur. Buatlah ventilasi yang terhubung langsung dengan luar ruangan agar pencahayaan dan sirkulasi udara dapat berjalan optimal. Untuk menghindari udara pengap serta langit-langit yang kotor akibat asap yang keluar dari kompor dan masakan, gunakan exhaust fan untuk menyedot sekaligus mengeluarkan asap tersebut.

0 Response to "Tips mendesain dapur rumah minimalis yang sempit"

Posting Komentar